Trik agar pleci bersuara kencang

Merawat burung pleci membutuhkan kesabaran dan penanganan khusus agar burung tersebut mau rajin berkcau. Bahkan beberapa trik pun harus dilakukan untuk merangsang pleci tersebut untuk mengeluarkan suaranya yang lantang. Pleci dengan suara yang kencang masih menjadi daya tarik bagi para pleci mania di Indonesia. Berikut trik agar pleci bersuara kencang


Burung pleci adalah burung koloni, dan salah satu hal yang wajib anda perhatikan jika ingin pleci rajin berbunyi adalah dengan mengkolonikan mereka, atau memelihara lebih dari satu ekor pleci di rumah. Kalaupun tidak mau direpotkan dengan memelihara pleci yang lain, bisa juga dengan cara membawa burung tersebut jalan-jalan untuk bertemu dengan rekan koloni pleci lainnya, baik dalam sebuah latihan bareng rekan sesama pleci mania atau dalam sebuah latberan.

Selain dari hal itu, banyak yang bisa dilakukan dalam usaha membuat burung pleci mempunyai penampilan yang maksimal, misalnya saja mengatur pemberian pakan dan perawatan hariannya. Meskipun begitu, ada beberapa hal yang tak bisa anda lewatkan begitu saja ketika memelihara pleci agar bersuara kencang yaitu:

Membiarkan burung istirahat di malam hari

Biasakan agar burung peliharaan anda untuk beristirahat pada malam harinya, selain itu buat mereka senyaman mungkin dengan memberi kerodong pada sangkarnya dan tanpa terusik oleh apapun yang bisa mengganggunya. Dengan memberi waktu istirahat yang cukup pada burung , maka mereka akan memiliki energi yang cukup pada keesokan harinya yang akan digunakannya untuk beraktifitas termasuk berkicau dengan lantang pada pagi hari.

Mengembunkan dengan berjauhan
 
Salah satu hal yang memicu gairah pada burung adalah pengembunan. Pengembunan ini memiliki manfaat yang baik untuk burung kicauan pada saat pengembunan pastikan agar burung pleci yang anda miliki ( dengan asumsi anda memelihara lebih dari satu ekor) digantung saling berjauhan dan tidak saling melihat. Karena begitu matahari mulai terbit, maka semua burung pleci itu saling memanggil rekan-rekannya dengan suara yang cukup keras, dan dari sini anda bisa memperhatikan mana burung yang sekiranya bakal menjadi burung yang bagus dengan memperhatikan siapa yang paling lantang.

Mandi dan jemur bersama-sama
 
Setelah matahari mulai terbit, atau sekitar pukul 06:30 – 07:30 pagi, burung bisa dimandikan. Dalam memandikan burung bisa dilakukan dengan cara memandikan bersama-sama misalnya mendempetkan sangkar-sangkar mereka lalu mulai menyemprot burung satu persatu sambil memasukan air bersih dalam jumlah yang banyak dalam cepuk minum atau bak mandi agar nantinya digunakan mereka untuk mandi, atau bisa juga menggunakan 
karamba mandinya secara bergantian atau ngantri.

Setelah itu bersihkan kandang dan tak lupa mengganti air minum dan makanannya, lalu burung pleci tersebut dijemur dengan sangkar yang saling berdampingan atau berjejer. 

Pada saat penjemuran ini burung-burung pleci yang sedang berkumpul tersebut bisa diperdengarkan dengan suara masteran atau suara lain yang bisa memancing mereka untuk berbunyi, misalnya suara masteran yang bisa anda download di sini. Untuk menambah semakin semaraknya kicauan mereka, anda bisa memutarkan suara yang sudah anda download tersebut dengan volume suara yang keras.

Biasanya burung akan mulai saling ngeriwik yang kemudian berlanjut dengan suara kicauan ngototnya yang lantang.  Dari sini pula anda bisa memperhatikan mana burung pleci yang kiranya memiliki prospek sebagai burung lomba.

Setelah penjemuran yang berlangsung selama beberapa waktu ( tergantung kebiasaan anda menjemur ), burung segera di angin-anginkan di tempat yang teduh untuk mengadaptasikan suhu tubuh burung yang sedang panas dengan suhu yang sejuk dan setelah beberapa menit burung-burung pleci  itu dikerodong atau masing-masing burung secara terpisah digantung di tempat yang adem untuk beristirahat hingga sore harinya.
 
Pada sore hari antara pukul 15:00 – 16:00 kembali burung – burung pleci tersebut dikumpulkan di tempat penjemurannya yang biasa dengan cara berdempetan atau berjejer. Setelah pukul 17:00 sangkar burung dibersihkan dan jangan lupa untuk mengganti makanan dan minumannya dengan yang bersih, lalu setelahnya burung dimasukkan ke dalam rumah untuk beristirahat.

Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *