Manfaat buah harendong untuk burung kicauan

Harendong adalah sejenis tanaman liar yang buahnya terasa manis dan sangat disukai oleh berbagai jenis burung liar. Bagi kicaumania, buah dari tanaman ini dianggap cukup ampuh untuk mendongkrak stamina dan menjadikan burung piaraannya semakin rajin berkicau. Berikut adalah beberapa manfaat buah harendong untuk burung kicauan. 

buah harendong untuk burung

Tanaman harendong biasanya tumbuh liar di semak belukar, tepian hutan dan di pinggiran bukit / jurang. Sebenarnya tanaman ini terdiri dari tiga jenis yaitu: 

  1. Harendong gede (Melastoma polyanthum) yang bentuk buahnya buni, bulat telur, dan berwarna merah. Jika dikupas, bentuk bijinya kecil dan berwarna merah juga. 
  2. Harendong bulu (Clidemia hirta) yang bentuk buahnya buni, bulat telur, warnanya ungu. Jika dikupas bentuk bijinya kecil dan juga berwarna ungu.
  3. Harendong monyet (Bellucia axinanthera) yang bentuk buahnya buni, bulat sepert perikut dengan tajuk kelopak berdaging dan warnanya kuning gading. Jika dikupas bijinya banyak dan kecil-kecil. 

Nah, dari ketiga jenis tanaman harendong tersebut , yang paling umum digunakan kicaumania untuk burung piaraannya adalah buah harendong gede yang buahnya berwarna merah dan rasanya sangat manis.  

Selain mengenyangkan, buah harendong juga dikenal sebagai salah satu tanaman herbal yang memiliki sejumlah manfaat khususnya untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit seperti gangguan pencernaan, diare, radang usus, sariawan sampai masalah keputihan.  

Buah harendong juga mengandung saponin, tlavonoida, dan tanin yang selain bermanfaat untuk penyembuhan juga memiliki manfaat lain ketika diberikan pada burung kicauan yaitu:

  • Mendongkrak stamina
  • Menyembuhkan burung yang stres
  • Mempercepat pemulihan burung sakit
  • Membuat rajin berkicau

Rasa buahnya sangat manis sehingga sangat disukai oleh beragam jenis burung liar seperti trucukan, kutilang, burung-madu, kemade, sampai burung cucak hijau. Di kalangan kicaumania, buah harendong lazim diberikan pada burung cucak jenggot, kapas tembak, trucukan, bahkan anis merah. 

Itulah manfaat buah harendong untuk burung kicauan.

Salam kicau!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *